peluang usaha
Home » » Misteri Luasan Atap

Misteri Luasan Atap

Written By Agus Ali Usman on Thursday, 24 October 2013 | 12:23



Pernahkah sahabat Alinvo sekalian merasakan setresnya menghitung luas atap? Saya pernah... Tapi sekarang sudah tidak lagi hehe.. Ok, mungkin luasan atap ini tidak begitu penting bagi anda sekarang ini, tapi jangan salah, karena ini akan sangat berguna bagi anda yang mungkin akan membangun rumah idaman anda, mengganti genteng atap anda, mengecat atap anda. Dalam melakukan semua itu pasti diperlukan perhitungan agar biaya yang kita keluarkan bisa optimal, tidak kurang dan tidak berlebihan. Saya yakin ini akan bermanfaat bagi anak STM/SMK jurusan bangunan, Arsitek, Perencana, bahkan kita yang punya rumah.



Okey, tidak berbelit-belit pembahasan kita kali ini, langsung saja ini dia jawaban atas pertanyaan anda. Saya susun dari yang paling sulit sampe yang anak SD saja bisa menghitung atap yang rumit setelah baca artikel ini. Hehe bercanda broo,,

1. Cara paling sulit:

Ini sulit versi saya ya hehe
Saya sajikan ilustrasi gambar Atap Tampak Atas dan samping
Atap Limasan

Bagi yang jago matematika sih kayaknya gak ada masalah ya menghitung luas atap ini.
Semua setuju ya kalo luas A=C, D=B
Kita perlu nyari t dulu nih, guni caranya:
Yang jawab 3 pinter...
Ya jawabanya memang 3, karena tinggi segitiga D itu sama dengan setengah alasnya yaitu 6, jadi t = 3
tapi t yang kita cari adalah x, karena t yang sebenarnya adalah x, t baru tinggi segitiga datar saja.
ini perlu kalkulator:

x = t / cos35
x = 3 / 0.81915204428899178968448838591684
hehe kita tulis aja
x = 3 / 0.819
x = 3.663

Nha sekarang baru kita cari luas A yang sesungguhnya

Luas Trapesium
Tau dong rumus trapesium?

Luas Trapesium = 1/2 jumlah sisi sejajar X tinggi
Luas Trapesium = 1/2 (12 + 6) x 3.663

Darimana dapet angka 6?
t di D dan B kan sama, jadi sisi puncak atapnya 12-(6+6) = 6

Luas Trapesium = 1/2 (18) x 3.663
Luas Trapesium = 9 x 3.663
Luas Trapesium = 32.967
Luas A = 32.967

Jadi luas A = C = 32.967

Luas Segitiga
Luas Segitiga = 1/2 alas X tinggi
Luas Segitiga = 1/2 x 6 x 3.663
Luas Segitiga = 3 x 3.663
Luas Segitiga = 3 x 3.663
Luas Segitiga = 10.989
Luas D = 10.989

Jadi luas D = B = 10.989

Jadi luas Atapnya = A+B+C+D= 32.967 + 10.989 + 32.967 + 10.989 = 87.912
Jadi luas Atapnya = 87.912

Pusing Belum??
Tenang ini penawar pusingnya.
2. Cara Paling Mudah

Sekian banyak langkah hitungan tadi itu bisa diselesaikan cikup dengan beberapa langkah saja:
Ini Dia:

Luas Atap = Luas Atap Datar / Cos sudut atap
Luas Atap = 6 x 12 / Cos 35
Luas Atap = 72 / Cos 35
Luas Atap = 72 / 0.819
Luas Atapnya = 87.912

Kabar baiknya Rumus ini berlaku juga untuk atap jenis ini:
Atap Pelana
Atap Pelana
Yo kita buktikan:
Bisa dong cari x
x = 3 / Cos 35
x = 3 / 0.819
x = 3.663

Sama persis kayak x yang di rumus awal.
Jadi Luas Atapnya:
Luas Atap = 12 x 3.663 x 2
Luas Atapnya = 87.912

Coba perhatikan: Luas atap pelana dan limasan ternyata SAMA dengan syarat luas atap datar dan sudut yang sama.

Jangan khawatir, ini juga bisa digunakan untuk mengukur atap yang tidak karuan seperti ini:
Tinggal kita cari luas alasnya lalu kita bagi Cosinus sudut atapnya
GAK PERCAYA?
BUKTIKANLAH !
Sahabat Alinvo bisa beri ukuran sendir ya!

0 comments:

Post a Comment

Beritahu Teman-teman

promosi online

LINK SAHABAT

blakblakangold || Iklan Gratis 4 || @lienet || Jual Akun Google Plus || E-Book Gratis || alipages || Mau Link Kamu Disini Juga?

Recent Post

Powered by Blogger.